Monday, September 3, 2012

Renungan 03 September 2012

Renungan Harian Katolik
Senin, 3 September 2012

Santo Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja

1 Kor 2:1-5
Mzm 119:97-102
Luk 4:16-30

Hari ini kita memperingati Santo Gregorius Agung, yang menjadi Paus selama 14 tahun dan Pujangga Gereja. Ibunya Silvia dan kedua bibinya Tarsilla dan Emiliana jg dihormati sebagai orang kudus. Ayahnya seorang yang kaya dan terpandang di Roma. Dia belajar di sekolah yang bagus dan pada usia 33 tahun ia masuk biara. Ia tekun berdoa dan aktif sekali dalam berbagai urusan Gereja dan masyarakat. Hingga akhirnya di tahun 590 dia dipilih menjadi Paus.

Tugasnya sebagai Paus dikerjakan dengan baik. Ia memimpin dengan kelembutan dan kebijaksanaan. Di bidang liturgi ia mengumpulkan banyak sekali nyanyian yang sekarang dikenal dengan Lagu Gregorian. Hampir semua tugas dan urusan di segala pidang dapat terselesaikan dengan baik. Dan salah satu buah pemikirannya yaitu Paus merupakan Pemimpin Gereja Katolik sedunia, tapi juga seorang Servus Servorum Dei (hamba dari para hamba Allah)

Apa yang kita bs teladani dari kisah Santo Gregorius adalah Santo Gregorius tidak bergantung kepada hikmat manusia namun hanya pada kekuatan Allah.

Sudahkah kita bergantung pada kekuatan Allah?

Bapa, terimakasih karena kami dapat belajar ttg Santo Gregorius, biar boleh sikap dan keteladanan dalam melayani Engkau turun atas kami dan membantu kami untuk dapat melayani Engkau.Amin (yi)

No comments:

Post a Comment