Friday, September 14, 2012

Renungan 13 September 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Kamis, 13 September 2012
 

1Kor 8:1b-7,11-13
Mzm 139:1-3,13-14,23-24
Luk 6:27 

UKURAN
 

Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.
- Luk 6:38
 

Saya menyadari kalau ternyata saya punya penilaian tertentu terhadap orang yang saya kenal. Jika orang tersebut memenuhi standar yang saya tentukan, berarti saya akan mudah membangun relasi dengannya. Jika tidak, saya cenderung akan menjaga jarak dengan orang itu.

Nyatanya, apa yang saya lakukan terhadap orang lain, dilakukan juga oleh orang lain terhadap diri saya.
Salah satunya lewat kritikan.
Bagi saya, jika ada orang yang mengkritik saya, berarti ia tidak menyukai saya.
Padahal bisa jadi kritikan yang diberikan bermaksud untuk membangun diri saya agar menjadi lebih baik.

Firman hari ini menegur saya, jika saya punya penilaian tertentu terhadap orang lain, kenapa saya harus marah jika orang lain juga melakukan hal yang sama terhadap diri saya.  Karena itu menurut saya, memiliki standar tertentu terhadap orang lain tidaklah salah, tapi seharusnya ukuran tersebut tidak menjadi batu sandungan, melainkan ukuran itu harus bisa membuat hidup saya dan orang lain menjadi lebih baik lagi.  (Dn)  


Apakah saya memiliki standar tertentu terhadap orang lain?

Apakah ukuran itu memberikan nilai positif bagi hidup saya atau orang lain?

No comments:

Post a Comment