Tuesday, October 9, 2012

Renungan 09 Oktober 2012


Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Selasa, 09 Oktober 2012


Gal 1:13-24
Mzm 139:1-3,13-15
Luk 10:38-42


LISTEN VS HEAR


Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya..
- Luk 10:39


Kata yang menarik dalam bacaan hari ini adalah ‘mendengarkan’. Dalam versi Inggrisnya dikatakan: “She had a sister called Mary, who sat at the Lord’s feet listening to what He said.”
Kata mendengarkan yang dipakai disini adalah ‘Listen’ bukan ‘Hear’.

Dalam bahasa Indonesia, kedua kata ini artinya mendengarkan. Tetapi ada perbedaan mencolok dari kedua kata tersebut. ‘Hear’ dipakai untuk arti mendengarkan sesuatu yang masuk ke telinga secara tidak sengaja, sedangkan kata ‘Listen’ dipakai untuk arti mendengarkan sesuatu dengan sengaja dan penuh perhatian. Contohnya mendengarkan musik, kata yang sering dipakai adalah listen, bukan hear.
Karena kita betul-betul mendengarkan melodi dan liriknya dengan penuh perhatian dan seksama.

Ketika Yesus berbicara, Maria dan Marta sama-sama dapat mendengar suara Yesus. Tetapi perbedaannya adalah Maria mendengarkan dengan penuh perhatian, sedangkan Marta mendengarkan sambil mengurusi banyak hal. Saya percaya bukan berarti Tuhan melarang Marta mengerjakan beberapa hal sekaligus bersamaan, tetapi yang dikritik Tuhan adalah prioritasnya. Marta memilih mendengarkan Tuhan sebagai prioritas kedua setelah urusannya.

Dalam Misa, saat mendengarkan Firman seringkali kita disibukkan banyak hal.
Kesibukan itu bisa dengan gerakan atau bahkan dengan pikiran. Kita disibukkan dengan urusan-urusan yang belum selesai. Injil mengingatkan kita tentang prioritas. Apakah kita hanya sekedar ‘hear’ atau ‘listen’ pada Firman Tuhan?
(Ch)

Pada saat teduh, saya lebih banyak ‘hear’ atau ‘listen’?

No comments:

Post a Comment