Friday, June 29, 2012

Renungan 29 Juni 2012

Jumat, 29 Juni 2012
Hari Raya St. Petrus dan St. Paulus
 
Kis 12:1-11
Mzm 34:2-9
2Tim 4:6-8,17-18
Mat 16:13-19
 
KUNCI 

Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang
kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. - Mat 16:19
 
Dalam Katekismus Gereja Katolik, perikop bacaan Injil hari ini menterjemahkan bahwa Yesus Kristus memberikan otoritas penuh kepada Santo Petrus atas gerejaNya. Dialah Paus Gereja Katolik pertama. Otoritas ini tidak lenyap setelah ia wafat. Kuasa itu diteruskan kepada Santo Linus, yang kemudian sebelum wafat meneruskan kepada yang berikutnya. Demikian terus-menerus selama 2000 tahun.
 
Di sisi lain, bacaan ini juga berkisah tentang kuasa yang Tuhan berikan kepada orang-orang percaya, para murid Kristus, termasuk kita. Di antaranya adalah kuasa memberi. Percayakah kita: Saat kita membagikan/membagikan pengetahuan kita kepada yang memerlukan, kita tidak akan menjadi bodoh. Kita tidak akan jatuh msikin saat kita memberi sebagian materi yang kita miliki untuk membantu yang kekurangan.
Kita tidak akan menjadi semakin terluka saat kita memberi pengampunan kepada yang melukai hati kita. Kita tidak akan kecewa atau patah harapan saat kita memberi diri menerima segala peristiwa pahit yang terjadi dengan ikhlas.
 
Sama halnya dengan prinsip kunci.
Sebuah kunci yang sama dapat membuat satu ruangan menjadi terbuka dan ruangan lain tertutup. Demikian sebaliknya. Sebuah kunci adalah jalan untuk menuju ruangan lain yang terbuka.
Pintu berkat, pintu pengampunan, pintu pengharapan, dan pintu kasih Allah bagi sesama. (Lie) 


Apakah saya cukup bijak menggunakan “kunci”  yang Tuhan amanatkan pada saya?

No comments:

Post a Comment