Thursday, July 5, 2012

Renungan 05 Juli 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Kamis, 05 Juli 2012
 

Am 7:10-17
Mzm 19:8-11
Mat 9:1-8 

BE POSITIVE! 

Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? - Mat 9:4
 
Bulan lalu saya mengikuti training kantor yang membahas tentang lima aspek yang mampu membuat hidup kita lebih baik. Salah satu aspek tersebut adalah ‘positif’. Si pembicara pun menceritakan latar belakang kehidupannya dimana pengalaman masa kecil hingga masa remajanya membuatnya sulit berpikiran positif. Ia selalu berprasangka buruk dalam menghadapi segala situasi, termasuk menghadapi banyak orang.
Yang ada dalam pikirannya hanyalah sisi buruk dari segala hal. Berpikir positif betul-betul sulit baginya.

Sebagai praktek, kami diberi suatu contoh keadaan dan kami diminta untuk menilai dari kacamata positif. Ternyata sangat sulit. Hampir seluruh peserta training kesulitan untuk menganalisa sisi baik dari contoh tersebut.

Teman, mungkin kita perlu merenungkan apakah kita pun selalu mengandalkan pikiran buruk dalam menilai atau memandang segala sesuatu. Saya percaya bahwa setiap detil yang terjadi dalam hidup kita adalah demi kebaikan kita. Masalahnya terletak pada kemampuan kita untuk mengubah cara pikir kita selalu ke arah yang positif.

Di jaman maju seperti sekarang ini, berpikir positif merupakan suatu tantangan tersendiri. Apalagi bagi kita yang tinggal di kota besar. Yang lebih sering memenuhi benak kita adalah ketakutan, kekuatiran, kegelisahan.
Banyak hal yang seolah membuat kita berpikir begitu.

Hari ini kita diingatkan untuk tidak selalu menyimpan pikiran jahat, melainkan mencoba untuk berpikir baik dan positif karena dengan berpikir positif kita akan lebih mudah menikmati hidup dan bersyukur. (Ve) 


Seberapa sering saya berpikir positif saat menghadapi suatu keadaan?

No comments:

Post a Comment