Saturday, July 14, 2012

Renungan 13 Juli 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Jumat, 13 Juli 2012
 

Hos 14:2-10
Mzm 51:3-4,8-9,12-14,17
Mat 10:16-23 


JUST BE PREPARED

..janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. - Mat 10:19
 

Setiap diminta membawakan firman ataupun mengajar, saya selalu berusaha mempersiapkan materinya dengan detil.
Karena saya bukan tipe yang bisa bicara panjang lebar tanpa persiapan. Itupun masih ditambah dengan latihan agar saya tak selalu melihat pada kertas contekan tersebut. 

Namun dari pengalaman saya, seringkali pada akhirnya apa yang saya sampaikan tidak sama persis dengan apa yang saya siapkan sebelumnya. Terkadang muncul ide baru seiring saya berbicara. Sering pula saya menemukan contoh-contoh yang lebih pas daripada apa yang sudah saya pikirkan.

Saya sering merasa kuatir kalau bahan yang saya siapkan terlalu singkat atau malah terlalu panjang untuk waktu yang disediakan.  Sekalipun saya merasa cukup menguasai bahan yang akan saya berikan, tapi saya tetap selalu merasa tidak percaya diri.  Tapi justru di balik semua pergumulan itu, saya bisa melihat bahwa setiap kali saya membawakan firman atau mengajar, Tuhan sendirilah yang berkarya.  Saya hanya me-nyediakan diri saya sebagai alat dan saranaNya.  Saya percaya, itulah persiapan yang paling penting untuk saya lakukan karena Tuhan sendiri yang akan mengambil alih dan bekerja pada waktunya.  (Jc)  


Apakah saya merasa kuatir bagaimana memberi kesaksian tentang Tuhan?

No comments:

Post a Comment