Sunday, July 8, 2012

Renungan 08 Juli 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Minggu, 08 Juli 2012
 

Yeh 2:2-5
Mzm 123:1-4
2Kor 12:7-10
Mrk 6:1-6
  

PAPA, HELP! 

Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna. Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. - 2Kor 12:9
 

Dibanding anak perempuan seumurnya, keberanian Viola dalam memanjat, berayun dan berguling lebih besar. Ia senang mencoba hal yang memacu adrenalin. Semakin sulit tantangannya, semakin ia ingin mencoba dan menikmati kesulitannya. Ia akan menolak semua tawaran bantuan.

Akan tetapi ketika ia tidak bisa lagi mengatasi kesulitan yang dihadapi, seperti kebanyakan anak lainnya, ia pun akan berseru dengan nada frustasi, “Papa, help!” Inilah saat yang paling saya nantikan, sebagai seorang ayah yang bermain bersamanya sambil mengajarkannya cara menaklukkan tantangan yang dihadapi. Saya begitu menikmati saat dimana saya dilibatkan dalam dunianya. Seluruh energi dan perhatian akan langsung terpusatkan pada dirinya.

Ketika Santo Paulus menyadari bahwa ia masih memiliki kelemahan dalam dirinya dan melihat bahwa ada banyak karunia yang dimilikinya, ia menyadari bahwa ada tangan Tuhan di belakangnya, yang menolong dan menjaganya. Ia justru melihat bahwa kelemahannya juga merupakan karunia Tuhan untuk mengingatkannya agar terus bergantung pada Tuhan dan melibatkan Tuhan dalam setiap pekerjaannya. Karena itu, daripada menjadi frustasi dan menangisi kelemahan kita, mari kita berseru pada Bapa kita, “Papa, help!” (Pt) 


Kapan saat terakhir saya berseru meminta pertolongan Tuhan?

Mampukah saya melihat kuasaNya menolong saya?

No comments:

Post a Comment