Wednesday, July 11, 2012

Renungan 10 Juli 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Selasa, 10 Juli 2012
 

Hos 8:4-7,11-13
Mzm 115:3-10
Mat 9:32-38 

‘BULU’ PANGGILAN 

Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. - Mat 9:37

Ketika membuat renungan hari ini, saya teringat akan satu cerita. Alkisah seorang raja dan puteranya yang sangat dicintai rakyatnya karena mereka begitu bijak dan sangat perhatian kepada seluruh rakyat. Suatu ketika pangeran sakit karena mengalami gagal ginjal. Jika tidak ada yang menjadi donor, maka pangeran akan meninggal. Sayangnya raja sudah terlalu tua dan tidak mungkin mendonorkan organnya.

Akhirnya seluruh rakyat dikumpulkan di depan istana. Semua sedih dan menangis mendengar kabar ini. Dari atas teras istana raja berkata, “Anakku membutuhkan donor ginjal.
Aku tahu kalian mencintainya sama seperti aku menyayanginya. Karena itu aku membutuhkan bantuan kalian.
Aku akan melepas sehelai bulu ini dan angin akan menerbangkannya hingga mengenai seorang di antara kalian, dan orang itulah yang akan menjadi donor bagi anakku.” Seluruh rakyat pun menyambut dengan seruan, “Saya mau, saya mau...” Tapi tatkala bulu itu hampir jatuh di atas seseorang, orang itu pun meniupnya hingga menjauh kembali.
Demikian yang terjadi terus-menerus.
Hingga akhirnya bulu itu tak mengenai seorangpun.

Teman, seringkali kita berkata bahwa kita mencintai Tuhan, sama seperti rakyat mencintai raja dan pangeran. Tetapi ketika Tuhan membutuhkan kita, reaksi kita adalah menolak dan mengopernya kepada orang lain.  “Duh, jangan saya deh. Dia saja, dia lebih pengalaman dan lebih baik dari saya.”


Berbagai alasan keluar dari mulut kita untuk menolak panggilan tersebut.
Itukah cinta? Apakah dengan cara itu kita menunjukkan rasa cinta kita kepada Tuhan? (Ch) 


Apakah panggilan Tuhan bagi saya?
Bagaimana respon saya?

No comments:

Post a Comment