Sunday, July 22, 2012

Renungan 22 Juli 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Minggu, 22 Juli 2012
 

Yer 23:1-6
Mzm 23:1-6
Ef 2:13-18
Mrk 6:30-34


BELAS KASIHAN ALLAH

Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan kepada mereka... - Mrk 6:34
 
Setiap pelayanan Yesus selalu diawali oleh belas kasihan. Sekalipun dalam keadaan letih, namun karena belas kasihan Ia tetap melayani setiap orang yang datang kepadaNya. Karena itu sebagai pengikutNya, ketika kita bertemu dengan orang lain, khususnya mereka yang membutuhkan bantuan, kita harus melakukan apa yang kita bisa untuk memberkati orang tersebut. Dan kita bisa melakukan hal itu juga karena belas kasih Tuhan yang bekerja dalam diri kita terhadap orang tersebut.

Suatu kali ketika akan pulang sehabis misa Jumat pertama, hujan turun cukup deras. Ketika menunggu angkot, saya melihat seorang remaja yang juga sedang menunggu dan tidak membawa payung. Secara reflek, saya pun mendekatinya dan memberinya tumpangan payung. Saya percaya tindakan saya itu karena belas kasihan Tuhan yang bekerja di dalam hati saya.

Belas kasihan Tuhan adalah perasaan Tuhan yang ditaruh dalam hati kita, sehingga kita bisa merasakan apa yang Tuhan rasakan. Belas kasihan Tuhan membuat hati dan mulut kita rindu untuk selalu memberkati orang lain. Yesus berkarya karena tergerak oleh belas kasihanNya, dan bukan semata-mata karena kebutuhan kita. (In) 

Apakah saya langsung merespon ketika dalam hati saya muncul perasaan belas kasihan terhadap orang lain?

No comments:

Post a Comment