Saturday, September 8, 2012

Renungan 07 September 2012

Renungan Harian Katolik
Jumat, 7September 2012
 
1Kor 4:1-5, 
Mzm 37:3-4,5-6,27-28,39-40, 
Luk 5:33-39

1Kor 4:5
"Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. .."

Kedua bacaan hari ini kurang lebih mempunyai satu topik, yaitu menghakimi. St. Paulus mengingatkan umat di Korintus agar tidak menghakimi. Karena manusia, tidak mempunyai kemampuan untuk menghakimi dengan adil. Kita selalu menghakimi dari sisi dan cara pandang kita sendiri yang tentu saja menjadikan kita selalu benar dan orang lain selalu salah.

Yesus pun dihakimi oleh orang-orang Farisi karena murid-murid-Nya tidak berpuasa (alasan mereka melakukan hal ini karena orang-orang Farisi ingin mencari kesalahan Yesus dengan menghakimi kalau murid-murid tidak berpuasa pasti karena ajaran Sang Guru).

Saya pun pernah meghakimi. Saya baru masuk dalam pekerjaan baru dan melihat supervisor enggan berbagi ilmu dengan saya. Pada saat pulang, saya langsung bercerita kepada adik saya kalau supervisor itu pelit ilmu dan takut disaingi. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, saya menemukan bahwa supervisor saya memang cuek. Setelah sadar kalau menghakimi, saya langsung meminta ampun kepada Tuhan karena sudah menghakimi supervisor saya.

Penghakiman kita bisa menghancurkan hubungan kita dengan orang lain.

Apakah belakangan ini saya pernah menghakimi seseorang sekitar saya?

No comments:

Post a Comment