Tuesday, September 11, 2012

Renungan 11 September 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Selasa, 11 September 2012
 

1Kor 6:1-11
Mzm 149:1-6a,9b
Luk 6:12

DOA YANG  ‘MEMBENARKAN’

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. - Luk 6:12
 

Ketika menghadapi masalah saya sering mengeluh, “Tuhan, mengapa begini, padahal saya sudah mengandalkan Tuhan. Bahkan sebelum mengambil keputusan, saya berdoa.”
Tuhan menjawab keluhan saya dengan penyadaran bahwa seringkali saya hanya asal berdoa. Saya memang berdoa, tetapi keputusan yang saya ambil didasari atas pertimbangan sudut pribadi saya, bukan Tuhan. Keputusan itu adalah pilihan saya, dan bukan yang Tuhan inginkan.

Sebelum Yesus memanggil kedua belas murid, Ia berdoa dulu. Bukan sekedar berdoa, tapi Ia berdoa semalam-malaman. Ia tahu akan mengambil keputusan penting. Kedua belas murid adalah orang-orang yang akan membantuNya melaksanakan rencana Allah. Untuk itulah Yesus berdoa meminta kebijaksanaan dalam memenuhi kehendak Bapa.

Ada kalanya kita berdoa memohon petunjuk Tuhan, tetapi yang terjadi seringkali doa tersebut menjadi doa agar Tuhan ‘membenarkan’ keputusan kita.
Salah satu cara yang saya gunakan untuk mengetahui apakah keputusan saya sesuai dengan kehendak Tuhan atau tidak adalah dengan mempertanyakan: Bila saya mengambil keputusan ini, apa untungnya bagi Tuhan? Sedikit banyak introspeksi ini akan mengarahkan saya kepada rencanaNya. (Ch) 
 

Bagaimana doa saya saat akan mengambil keputusan?

No comments:

Post a Comment