Thursday, August 23, 2012

Renunan 23 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Kamis, 23 Agustus 2012 

Yeh 36:23-28
Mzm 51:12-15,18-19
Mat 22:1-14 


BAJU DAN HATI 

Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari
dengan tidak mengenakan pakaian pesta? - Mat 22:12a
 
Setiap kita datang ke pesta, kita pasti akan berpakaian layak dan sesuai untuk pesta. Ketika kita datang ke upacara atau perjamuan resmi negara, kita tentu juga akan berusaha berpakaian sesuai dan layak untuk acara tersebut.

Di Singapura, ada sebuah paroki yang dalam setiap misanya memiliki penyambut tamu yang juga akan memperhatikan pakaian dari umat yang datang. Bila mereka berpakaian tidak sopan atau tidak sesuai, maka mereka akan diingatkan untuk berganti pakaian terlebih dulu.

Saya percaya bahwa sesuatu yang kita persiapkan secara jasmani selain mencerminkan kerohanian kita, juga akan memberikan pengaruh positif pada persiapan rohani kita. Saya akui bahwa persiapan hati lebih penting daripada per-siapan pakaian, namun hati yang benar-benar siap akan membawa kita juga untuk menyiapkan pakaian kita.

Jika kita datang dengan hati yang sepenuhnya diprioritaskan untuk Tuhan, maka pakaian kita akan mencerminkannya. Ketika saya memutuskan untuk bermain bola, maka saya memilih pakaian yang membantu saya bermain dan menikmati permainan itu.

Demikian juga dengan misa.
Semoga pilihan pakaian kita membantu kita menikmati persekutuan kita de-ngan Tuhan dan sesama. (Pt) 

Persiapan apa saja yang saya buat sebelum menghadiri misa?

No comments:

Post a Comment