Thursday, August 23, 2012

Renungan 22 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Rabu, 22 Agustus 2012
 

Yeh 34:1-11
Mzm 23:1-6
Mat 20:1-16a 

KRISIS FIGUR PEMIMPIN

Aku sendiri akan memperhatikan domba-dombaKu. - Yeh 34:11

Berita-berita di TV selalu terdengar memprihatinkan daripada menggembirakan. Kasus korsupsi terjadi di segala lapisan, kebanyakan wakil rakyat sibuk memanfaatkan kesempatan untuk memperkaya diri, menguntungkan kelompok dengan cara suap.
Padahal dulu bermacam janji diumbar pada rakyat, tapi setelah duduk di kursi pemerintahan, rakyat kecil dilupakan.
Ketika rakyat membutuhkan perlindungan dan pembelaan, tidak ada figur pemimpin bijak yang hadir. Di saat rakyat menderita karena bencana, lebih cepat relawan swasta yang terjun langsung. Tidak heran jika banyak orang merasa negara kita krisis figur pemimpin yang mengayomi rakyat.

Firman Tuhan hari ini akan terasa keras bagi orang-orang yang mengaku dirinya adalah pemimpin. Lihatlah bagaimana Tuhan menghampiri umatNya yang terlantar dan mengatakan, “Aku sendiri akan menjadi gembala kalian.”
Menjadi pemimpin dalam kamus Tuhan adalah menjadi seperti gembala, bukan penguasa. Gembala adalah seorang yang mengenal dombanya dari dekat dan selalu ada untuk melindungi serta memberikan yang terbaik bagi dombanya.

Bunda Maria bisa menjadi model untuk kerendahan hati, sekalipun ia dipilih menjadi Bunda Tuhan tapi ia tidak pernah meninggikan dirinya. Sebaliknya, ia memilih untuk mengikuti kehendak dan rencana Tuhan dalam hidupnya.
Marilah kita belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang rendah hati, yang memperhatikan domba yang Tuhan percayakan pada kita. (Lid) 

Apakah saya sudah memperhatikan orang-orang yang saya layani?  

No comments:

Post a Comment