Saturday, August 25, 2012

Renungan 25 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Sabtu, 25 Agustus 2012
 

Yeh 43:1-7a
Mzm 85:9-14
Mat 23:1-12 


PEWARTA DAN PELAKU FIRMAN

Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi.. - Mat 23:3


Jika apa yang kita katakan tidak sesuai dengan apa yang kita lakukan, maka hal itu akan membuat bingung orang yang mendengar kita. Hal itu juga menyebabkan banyak orang yang belum percaya tidak menanggapi pesan Injil secara serius.

Ketika ada teman yang sharing tentang pergumulan yang di-alami, dengan sepenuh hati saya berusaha menjadi pendengar yang baik. Dan jika kondisi memungkinkan biasanya saya juga memberikan sedikit masukan sesuai yang saya bisa. Namun seringkali setelah melakukan hal itu, saya merenungkan apa yang saya sampaikan kepada teman itu dan merefleksikannya dalam hidup saya sendiri. Apakah saya juga sudah melakukan apa yang saya katakan kepada teman tersebut?

Memang mudah untuk bicara hal-hal positif tentang kehidupan kepada orang lain dibanding kepada diri sendiri.
Kenyataannya, terlalu banyak kompromi yang saya lakukan untuk mencari pembenaran diri. Perkataan dan perbuatan saya seringkali tidak sejalan, dan anehnya saya merasa sudah melakukan yang benar sehingga seringkali saya tidak menyadari kalau diri saya telah menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Sebagai pengikut Kristus, sudah seharusnya kita menjadi orang yang mengatakan kebenaran sekaligus melakukannya. Orang akan melihat kebenaran dari karakter kita, bukan dari apa yang keluar dari mulut kita dan Yesus sendiri mengecam orang-orang munafik.
Marilah kita belajar untuk menjadi pewarta dan pelaku firman. (In) 


Apakah saya sudah menjadi pelaku firman yang saya bagikan kepada orang lain?

No comments:

Post a Comment