Wednesday, August 15, 2012

Renungan 12 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Minggu, 12 Agustus 2012


Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga

Why 11:19a; 12:1,3-6a,10ab
Mzm 45:10-12
1Kor 15:20-26
Luk 1:39-56


WANITA YANG MENGUBAH DUNIA

...Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia. - Luk 1:46-48


Bunda Maria menjadi salah seorang tokoh yang spesial dalam Kitab Suci bukan hanya karena dia adalah ibu Yesus, tetapi juga karena dia adalah seorang pribadi yang luar biasa mencintai Tuhan dengan tulus. Maria rela mengandung Yesus sebelum dia resmi menikah, yang artinya dia pasti akan dicemooh oleh lingkungan sosial di sekitarnya karena dianggap hamil di luar nikah. Dia pun dengan setia membimbing dan merawat Yesus hingga dewasa, bahkan dia setia mendampingi Yesus hingga detik-detik terakhir hidupnya di dunia.

Maria merupakan seorang patriot wanita yang luar biasa. Dia juga turut serta dalam membimbing para rasul setelah Yesus wafat sehingga para rasul terus memiliki iman yang kuat untuk mewartakan ajaran Yesus.
Jika dunia mencari seorang tokoh feminis yang layak dijadikan icon, jelas Bunda Maria adalah salah satu di antaranya.

Gereja Katolik menghormati Bunda Maria secara khusus karena dia memang seorang yang layak dijadikan contoh.  Bagaimana dia mencintai Tuhan dengan sepenuh hati juga kerendahan hatinya telah mengubah wajah dunia 180derajat selamanya.  Bayangkan apa yang terjadi bila Bunda Maria menolak untuk mengandung Yesus?  Tidak akan ada kisah luar biasa tentang penyelamatan umat manusia yang sekarang kita pelajari dari Kitab Suci bukan?

Terima kasih Bunda Maria, karena kerendahan hatimu telah membawa Sang Penyelamat kepada kami. (Hd)


Sifat apa yang dapat saya contoh dari teladan Bunda Maria?

No comments:

Post a Comment