Tuesday, August 7, 2012

Renungan 07 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Selasa, 07 Agustus 2012


Yer 30:1-2,12-15,18-22
Mzm 102:16-21,29,22-23
Mat 14:22-36


MENGAPA ENGKAU BIMBANG?


Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang? - Mat 14:31b


Suatu pagi saat saya sedang mempersiapkan tulisan untuk renungan, tanpa sengaja saya melihat kalender di meja. Tak terasa tahun ini sudah lewat beberapa bulan dan tiba-tiba saya tersadar kalau dalam bulan itu saya dan isteri sudah tiga puluh tahun kami dipersatukan sakramen perkawinan.

Terbayanglah kejadian-kejadian di masa lalu dimana saya sering bersikap seperti orang yang kurang percaya dan sering merasa bimbang, sama seperti Petrus saat berjalan di atas air yang menjadi takut ketika merasakan tiupan angin.
Di saat seperti itu, keraguan dan kekuatiran seringkali lebih menguasai diri saya dibanding rasa percaya saya akan kasih setia Tuhan.

Teman, betapa sering kita merasakan tiupan angin yang kencang dan membuat kita ketakutan? Ketika ketakutan membayangi, kita jadi mulai berandai-andai akan masa depan dan kekuatiran semakin menjadi-jadi. Dalam bacaan hari ini Tuhan menegur kita, “Mengapa engkau bimbang?”

  Dan dalam bacaan pertama, Tuhan menegaskan: “..maka kamu akan menjadi umatKu, dan Aku akan menjadi Allahmu.”

Berpeganglah pada ayat ini, dan yakinlah bahwa Tuhan pasti akan menuntun kita ke jalan keluar dalam setiap permasa-lahan yang kita lalui...dengan tetap setia kepadaNya. (Au)


Apa yang saya lakukan untuk menghadapi kekuatiran dan ketakutan?

No comments:

Post a Comment