Sunday, August 26, 2012

Renungan 26 Aug 2012

Renungan Harian Katolik "Bahasa Kasih"
Minggu, 26 Agustus 2012
 
Yos 24:1-2a,15-17,18b
Mzm 34:2-3,16-23
Ef 5:21-32
Yoh 6:60-69

SETIA TIDAK BERARTI HARUS
SELALU MENGERTI


Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? - Yoh 6:68

Dalam perjalanan Yesus, kita mengenal dua kategori murid. Kategori pertama, murid yang mengikutiNya sepanjang perjalanan dan dekat denganNya, disebut rasul. Kategori kedua, murid yang sekedar mengikutiNya dengan berbagai motivasi. Saat itu banyak orang menganggap Yesus akan menjadi raja, sehingga dengan mengikutiNya mereka berharap kelak akan ikut menikmati apa yang Ia dapatkan.

Ajaran Yesus sangat sulit dimengerti, bahkan oleh para Rasul yang begitu dekat denganNya. Dibanding orang banyak yang mengikuti Yesus, mereka lebih mengenal Yesus. Namun rupanya itupun belum cukup bagi mereka untuk bisa menerima semua perkataanNya.
Tapi satu hal yang menarik adalah mereka tidak meninggalkan Yesus seperti yang lain. Para rasul tetap setia karena mereka tahu Yesus adalah Yang Kudus dari Allah.

Injil hari ini menampilkan pesan bahwa kesetiaan tidak berarti harus selalu mengerti orang tersebut. Kita tidak selalu harus mengerti pasangan kita, bahkan mungkin ada kalanya berselisih paham, tapi bukan berarti boleh menjadi tidak setia. Sama halnya kepada Tuhan, ada kalanya Tuhan susah dimengerti dengan seluruh rencanaNya, tapi sama seperti Petrus, kita tidak tahu harus ke mana lagi mencari Kebenaran dan Jalan Hidup Sejati. Karena Yesus adalah satu-satunya pedoman kita. Yang harus dilakukan adalah percaya dan setia. (Ch) 


Saat saya merasa tidak mengerti rencana Tuhan, apa yang biasanya saya lakukan?

Apakah saya tetap setia?

No comments:

Post a Comment